Forum Musik Digital

digital-musik

Sobat-sobat semuanya……, halaman ini adalah tempat untuk saling bertukar pengalaman tentang musik digital.  Jadikanlah halaman blog ini sebagai media informasi, diskusi, tanya jawab dan lain sebagainya seputar produksi musik melalui komputer. Mudah-mudahan melalui forum ini wawasan kita tentang musik digital dapat bertambah. Salom….

28 Jan 2009

NOTASI DRUM PADA SOFTWARE SIBELIUS


Topik tulisan ini berawal dari seorang mahasiswa yang bertanya melalui SMS. Pertanyaannya sangat sederhana, kira-kira begini… Pak Iwan , untuk menulis drum set, bagaimana caranya? Soalnya tulisan drum masih berupa not balok. Kalau dibunyikan tidak ada cymbalnya?

Dengan susah payah, saya mengetik jawabanya melalui handphone, akan tetapi Ia tetap saja tidak “ngeh” alias can kahartos. Akhirnya saya putuskan dan bilang pada Dia bahwa kalau ada waktu coba temui saya. Hal itu saya tawarkan oleh karena saya pun penasaran, sebenarnya siapa Dia? Dalam handphone saya nomornya tak terdaftar.

Selama tiga hari saya tunggu-tunggu, tidak ada yang nongol dan bertanya tentang hal di atas. Saya merasa kasihan, mungkin sampai sekarang Ia masih belum punya solusi atas masalahnya. Akhirnya saya tulis saja jawabannya melalui blog ini, mudah-mudahan Ia sempat membacanya dan mungkin saja ada orang lain membutuhkan informasi ini. Semoga bermanfaat…..

************************************

Untuk membahas persoalan notasi drum pada software Sibelius 5, ada lima bagian yang mesti saya jelaskan:

  • Menulis dengan menggunakan keyboard computer
  • Menulis dengan menggunakan keyboard controller
  • Mengimport melalui data midi
  • Menggunakan Plug In Sibelius
  • Mengcapture ideas yang terdapat pada software Sibelius

1. Menulis Dengan Menggunakan Keyboard Computer

Perlu anda ketahui bahwa untuk memasukan not-not pada program Sibelius, anda tinggal menekan tombol keyboard berdasar dari not apa yang akan ditulis. Misalkan anda ingin memasukan not A, maka tekanlah tombol huruf A dan seterusnya. Sedangkan untuk mengatur tentang durasi, accidental, tremolo dan lain sebagainya berada pada tombol keypad sebelah kanan keyboard anda (untuk laptop kayanya agak susah, kecuali anda punya keypad eksternal, jika anda menggunakan laptop pengaturan tersebut dapat menggunakan mouse).

Tindakan awal yang harus anda lakukan untuk memasukan not adalah dengan meng-klik bar, di mana anda akan menulis not tersebut. Sehingga muncul garis membentuk kotak berwarna biru pada bar tersebut. Lihat gambar di bawah ini.

klik-biru

Setelah muncul seperti di atas barulah kemudian anda bisa memasukan not.  Untuk menaikan atau menurunkan nada tekan tombol panah naik turun, sedangkan jika ingin melangkah atau memilih setiap not yang anda tulis tekan tombol panah kiri kanan.

Jika anda ingin memasukan not pada tempat lain (meloncat ke bar lain) atau ingin memasukan simbol-simbol lainnya, tekan  Escape (Esc) pada keyboard anda agar lepas dari posisi menulis.

Sistem penempatan not pada program Sibelus berbeda dengan sistem penempatan not pada general midi (tentang sistem midi akan dibahas kemudian).  Urutan bunyi yang akan terdengar berdasar pada letak serta nomor not head yang digunakan. Untuk mengetahui hal tersebut, klik bar drum set sepert mau menulis, lalu klik menu house style>Edit Instrument akan muncul seperti gambar di bawah ini.

edit-inst

Pastikan bahwa pada kolom ketiga terhubung ke drumset, lalu pada kolom ke empat tekan edit instrumen>klik Yes, maka akan muncul seperti gambar berikut ini.

edit-inst2

Klik Edit Staff Type, barulah kita akan mengetahui detailnya. Lihat gambar berikut ini.

staff-type-drum

Untuk mengetahui semua not yang berfungsi, geser slider ke arah kanan atau kiri dan jika ingin mendengar bunyinya klik not yang terdapat pada paranada tersebut.

Dengan demikian, masalah dari pertanyaan mahasiswa  di atas adalah Ia tidak mengubah not head-nya. Not head defaultnya menggunakan not head no. 0, jika ingin menggunakan suara cymbal anda harus menggunakan not head no. 1 dan berada pada letak pitch not seperti gambar berikut ini.

letak-not-cymbal

Silahkan anda coba mencari sendiri  letak not dan bentuk not head serta relasi bunyinya.

Bersambuuung………

****************************************************************************************

27 Jan 2009

KONTAKT NATIVE INSTRUMENT

Kontakt adalah salah satu software produk native instrument berbasis sampling. Melalui software ini kita dapat merancang serta membuat sound instrumen sendiri. Software ini juga sering digunakan oleh produk lain untuk membuka file-filenya yang berupa file audio sebagai hasil merekam dari instrumen asli (sampling). Contoh misalnya produk Soniccouture yaitu Balinese Gamelan, Hangdrum atau produk lain seperti  Garritan Stradivari Violin Solo, Gorfiller Cello Solo dan lain sebagainya. Silahkan anda lihat detail software Kontakt, untuk melihatnya klik  di sini

Salah satu yang unik dalam software ini adalah adanya teknologi keyswitch. Melalui teknologi ini kita dapat mengolah berbagai artikulasi, warna suara, dinamika, ornamen dan masih banyak lagi yang sesuai dengan sumber yang kita rekam. Di bawah ini salah satu contoh penggunaan software Kontakt.

Untuk mempelajari bagaimana mengolah teknologi keyswitch, silahkan download tutorial di bawah ini dalam bentuk file pdf.

k2_keyswitchtutorial

34 responses to this post.

  1. Posted by uchyl on Desember 21, 2008 at 14:41

    saya kuliah media pembelajaran musik,,
    tapi masih bingung dalam mengoprasikan semua musik digital.
    tolong carikan solusi,,
    saya ingin mengajar tentang perkusi dalam media musik elektronik…

    Balas

    • Posted by onesgamelan on Desember 21, 2008 at 14:56

      Buatlah dulu rancangan pembelajarannya, dari situ akan kita temukan bagaimana cara mengemas dalam bentuk media lain. konten apa yang diperlukan? bagaimana cara menyusun konten tersebut? Kalau mau belajar digital musik, coba operasikan software musik. terserah apakah software DAW atau software notasi kalau bingung tanya di forum ini. pertanyaannya langsung teknis aja ya……

      Balas

      • Posted by dryansfretless on April 28, 2009 at 14:33

        Bpk. Iwan, saya skripsi membahas proses pembelajaran bass elektrik dengan menggunakan software musik berbasis komputer. Adapun produk software yang saya gunakan adalah sibelius 5. Apakah bpk. Iwan pernah mencoba membuat bahan pembelajaran dengan menggunakan software tersebut???
        menurut Anda, sebenarnya apa kelebihan dan kekurangan dari software tersebut dengan software yang lainnya?

      • Posted by onesgamelan on April 28, 2009 at 17:37

        menurut saya, banyak software2 yang dapat mendukung proses pembelajaran bass.
        sibelius itu hanya sebagian kecil saja, lagian sibelius diciptakan khusus untuk penotasian tapi cukup membantu
        dalam beberapa aspek. coba anda cari software trilogy, virtual bassist atau band in a box, reason, atau beberapa produk
        ubberschall seperti Vlp. saya rasa wacana musikal akan lebih kaya.

  2. Posted by onesgamelan on Januari 15, 2009 at 17:27

    teman-teman ….., saya punya niat ingin menulis buku tentang operasional software sibelius. Namun harus mulai dari mana ya?, mudah-mudahan dari forum diskusi ini saya lebih mendapat gambaran informasi apa yang dibutuhkan. untuk itu mohon teman-teman memberi masukan melalui pertanyaan atau diskusi sebagai bahan sharing. terima kasih….

    Balas

    • Posted by peti on Februari 17, 2013 at 07:24

      Pak..salam kenal…saya sedang mempelajari sibelius 7…saya belum mengerti menjalankannya…tolong dishare ya Pak…terima kasih

      Balas

  3. Posted by aryani on Januari 19, 2009 at 12:42

    pak Iwan saya aryani, yang waktu itu pernah ngobrol di UPI, saya butuh bantuan bapak.
    i. bapak punya buku referensi yang bisa saya pinjam, tentang macam-macam musik tradisional dan nontradisional.
    2. pak kira-kira kapan bapak punya waktu baca tulisan saya ya, sebenarnya masih belum selesai, tapi saya ingin tahu sejauh ini bagaimana pendapat bapak.
    makasih ya pak

    Balas

  4. Posted by yudiz on Januari 19, 2009 at 14:28

    Assalamualaikum, saya mahasiswa dari jurusan Musik Upi 2007. a saya mau menanggapi masalah buku Sibelius, saya setuju karena budaya menulis not di Kalangan mahasiswa musik UPI khususnya belum begitu berkembang, maka dari itu dengan buku bantuan dari aa mungkin dapat membantu mepercepat kinerja dan kreativitas setiap orang untuk mengekspresikan musik lewattulisan.. Saya kira lebih baik muat dulu hal-hal operasional yang paling mendasar, terus melangkah ke yang sedang terakhir masuk ke operasional; yang paling rumit sehingga bukunya terkonsep dan dapat di cerna… trims

    Balas

  5. Posted by yudiz on Januari 19, 2009 at 14:31

    a saya mau menanyakan bagaimana cara bikin komposisi musik elektronik, saya bingung dengan media yang saya puya harus diapakan, saya punya kontroller serta software bawaannya, terus saya pengen mengolah sample-sample VST nya supaya saya bisa eksplore musik elektronik itu aslinya seperti apa dan bagaimana konsepnya…. Trims

    Balas

  6. Posted by onesgamelan on Januari 20, 2009 at 13:24

    untuk yudiz, makasih atas masukannya. tentang kretifitas saya tidak punya resep selain menyarankan buatlah musik. jangan berpikir yang jauh-jauh atau berpikir yang kompleks. segala sesuatunya mulai dari yang sederhana. jika anda punya ide untuk membuat musik elektronis, buatlah permainan bunyi-bunyian dari sound yang anda punya berdasar pada imajinasi anda sendiri. Presentasikan kembali fenomena bunyi alam sekitar akan tetapi harus melalui cita rasa anda sendiri. misalkan anda buat dari ide mengolah bunyi-bunyi panjang (drone). kemudian kembangkan bunyi drone tersebut dengan berbagai cara. ini hanyalah tawaran ide saja, selanjutnya terserah anda….jangan berpikir hasilnya akan bagus atau tidak, yang penting lakukanlah dulu. dan sebaiknya hasil karya anda sekecil apapun hasilnya, berikan sama saya lalu kita akan diskusikan selanjutnya agar topik yang akan kita diskusikan lebih fokus.

    Balas

  7. Posted by onesgamelan on Januari 20, 2009 at 13:26

    untuk aryani saya punya buku atau contoh audio video yang anda butuhkan. silahkan anda datang ke upi nanti saya bawakan, bagusnya difotocopy saja atau di backup. terima kasih

    Balas

  8. Posted by uchyl on Februari 1, 2009 at 17:03

    saya do’akan, mdah2an bapak dapat membuat buku yang bapak maksudkan,,, mungkin suatu saat apabila buku tersebut sudah ada, saya dapat membaca,,

    masih banyak orang – orang yang sangat kurang faham dengan sibelius,, jd saran saya isikan dalam buku tersebut tentang cara atau langkah – langkah awal menggunakan sibelius,,
    karena saya sendiri suka bingung kalau menulis di sibelius dan tidak muncul suara, gitu lho…

    jadi saya mohon tolong tulis lengkap cara – cara penggunaan sibelius,,
    terima kasih.

    ipan permana
    musik UPI 2007

    Balas

  9. Posted by arrome on Februari 9, 2009 at 20:54

    untuk tutorial sibelius sebenarnya sudah ada tinggal di cari di HELPnya sibelius tersebut dan itu banyak sekali tutorial2nya dan contoh musik dari sibelius sendiri dapat di pelajari cman……oh iya…. saya lupa….. tutorialnya bukan bahasa indonesia ya ? BAHASA INGGRIS BEU……. he he …. piss…

    Balas

  10. Posted by virgantanasale on Februari 13, 2009 at 03:25

    Ide untuk membuat buku panduan tentang Sibelius oleh broer Iwan saya sangat setuju.
    Tentunya dengan pendekatan dan tampilan berbeda dari yang ada di HELP-nya Sibelius.
    Dan saran untuk pembelajar nantinya adalah berusaha untuk menulis notasi balok secara manual dulu (di lembar para nada). Itu hanya saran.
    Baiklah broer, sukses selalu dan saya sangat-sangat berterimakasih kepada broer Iwan dengan sabar membimbing dan melatih saya tentang sibelius dan senantiasa terbuka menjawab tiap kesulitan yang saya alami dalam pergumulan sibelius ini.
    Tuhan Memberkati selalu Broer Iwan dan Keluarga.

    Balas

  11. Posted by epulovepersib..musik 04 on Februari 18, 2009 at 09:51

    kalo ternyata masih kesulitan menulis notasi drum, bisa klik plug-in — composing tools — add drum pattern.. tinggal pilih aja style nya, terus edit deh sesuai dengan keinginan..

    setuju pisan a iwan menulis buku panduan sibelius.. soalnya msh banyak mahasiswa yang kesulitan menulis notasi di sibelius (termasuk saya.hehe).. maca HELP-nya sibelius,da teu ngarti oge da bhs inggris.. soalnya saya yakin,masih banyak fitur2 di sibelius yang sampai saat ini belum diketahui oleh saya dan temen2. dan yang pasti,saya yakin kelak buku panduan sibelius tulisan a iwan akan bermanfaat bagi banyak orang.. pahala tah a.. hehe

    Balas

  12. Posted by onesgamelan on Februari 18, 2009 at 16:31

    ok, makasih pul… sebenarnya saya bekum selesai menulis tentang penulisan drum di sibelius nanti saya akan lanjutkan sementara feb ini saya sibuk euy…tapi untuk sementara saya buka forum ini untuk melihat seberapa besar teman-teman tertarik tentang software sibelius. thanks… kita lanjutkan nanti…

    Balas

  13. Posted by epulovepersib..musik 04 on Februari 19, 2009 at 06:32

    oke siap a.. ditunggu tulisannya..

    Balas

  14. Posted by Marckoy on Februari 20, 2009 at 11:51

    Setuju… Membuat buku panduan sibelius… Sepertinya musti membuat tim kang… Marilah kita buat sesuatu untuk negeri ini… Hehehehe terlalu lebay ya…

    Balas

  15. Posted by RaiulBaztepo on Maret 31, 2009 at 16:57

    Hello!
    Very Interesting post! Thank you for such interesting resource!
    PS: Sorry for my bad english, I’v just started to learn this language😉
    See you!
    Your, Raiul Baztepo

    Balas

  16. Hi !!!!😉
    I am Piter Kokoniz. oOnly want to tell, that I like your blog very much!
    And want to ask you: what was the reasson for you to start this blog?
    Sorry for my bad english:)
    Thank you!
    Your Piter Kokoniz, from Latvia

    Balas

  17. Posted by dryansfretless on April 29, 2009 at 07:33

    Ya dalam skripsi saya ini mencoba memanfaatkan sibellius sebagai media untuk membantu pembelajaran khususnya penotasian untuk notasi balok. Trus kira2 untuk software virtual bassist bisa masuk ga di sibelius untuk plug-in???
    trus kira2 Kang Iwan gaduh teu???
    bagi2 att kang???

    Balas

  18. Posted by hazby on Agustus 6, 2009 at 12:11

    mau tanya dong,,, lebih bagus mana korg Oasys ama yamaha MOTIF MO???

    Balas

  19. Posted by hazby on Agustus 6, 2009 at 12:13

    mau tanya nih,,, bagus mana KORG triton proX ama Triton Le88

    Balas

  20. Posted by Ale on Agustus 6, 2009 at 13:35

    mau tanya ma suhu2 keyboardis neh,kira2 bagusan mana korg triton proX ama triton LE88 ya???

    Balas

  21. Posted by Ganjar on Agustus 25, 2009 at 22:33

    Pa Iwan , maaf jika tidak nyambung dengan sibelius pertanyaan saya ..

    saya mau tanya , Buku apa saja yang bisa saya jadikan referensi dalam mempelajari MIDI ? kalau bisa saya minta nama toko yang menjualnya . Mungkin buku sejenis MIDI power – Robert Guerin , yaa model model seperti itu lah pak ..

    Terima kasih .

    Balas

  22. saya sangat kagum dengan cara bikin musik tanpa keybord.

    Balas

  23. wah,saya hanya bisa melihat para master diatas berdebat mengenai musik digital.
    karena saya masih fokus pada alat2 fisik.

    Balas

  24. Salam kenal semuanya… mungkin bagi rekan2 yang membutuhkan tutor mengenai musik digital mulai dari midi sampai sibelius mungkin blog saya bisa membantu. coba ke http://dha2nk4all.blogspot.com/2010/03/kumpulan-tips-dan-trik-sibelius-v4.html

    Terima kasih.

    Balas

  25. Posted by Ngasboen on Februari 14, 2011 at 17:41

    Okreyyyy…siiip…ikut gabung aaahhhh…

    Balas

  26. Salam kenal … kapan2 boleh mampir ke tempat aku … aku tunggu …

    Balas

  27. Salam kenal semuanya …. lewat web ini ijinkan saya memperkenalkan diri dan blog saya …, bila ada kesempatan silahkan kunjungi warung ‘musik digital’ saya di http://www.dolananmusik.blogspot.com atau di http://www.chorddigital.blogspot.com.
    Syalom……

    Balas

  28. Big thumbs up – thanks!

    Balas

  29. I take pleasure in, cause I discovered exactly what I was taking a look for. You’ve ended my 4 day long hunt! God Bless you man. Have a nice day. Bye

    Balas

  30. Posted by evan on Maret 15, 2012 at 16:33

    langsung aja pak..saya mau belajar mengoperasikan nuendo ‘n sonar, bagaimana ya caranya..

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: