Ensemble Mozaik Bertemu Kyai Fatahillah

Bandung, UPI

Di tengah hiruk pikuk industri musik dan musik populer, sekelompok musisi dari Berlin yang tergabung dalam ensemble mosaik bertemu Kiai Fatahillah di Bandung. Kiai Fatahillah adalah nama seperangkat gamelan milik UPI yang digunakan sebagai nama grup musisi muda pimpinan Iwan Gunawan yang sekaligus dia komposer dan konduktor serta dosen di Jurusan Pendidikan Seni Musik, FPBS UPI.

Kedua grup musisi ini mempunyai dasar yang sama yaitu tradisi masing-masing dan ketertarikan terhadap musik kontemporer. Akan tetapi mereka berbeda latar belakang budaya serta jenis alat musik yang dimainkannya. Ensemble mosaik memainkan alat Barat, sedangkan Kiai Fatahilallah memainkan alat gamelan Sunda. Pertemuan ini memiliki makna yang sangat dalam bagi pemain, penikmat, dan penonton. Menarik untuk diamati pertemuan silang budaya Barat dan Timur ini, bagaimana dialog mereka? Bagaimana pemahaman dan interpretasi mereka sehingga menghasilkan sebuah harmonisasi dan makna? Tidak saja dari sisi artistik dan estetik, namun lebih dari itu adalah pemahaman representasi identitas budaya. Bagi Kiai Fatahillah, pertemuan ini adalah yang kedua kalinya setelah dia bertemu dengan ensamble gending dari Belanda pada bulan Juli 2010 lalu di Bandung.

Kedua ensembel ini akan memainkan 10 karya komposer muda Asia Tenggara terpilih, yang menggunakan alat Barat dan gamelan Sunda. Karya mereka akan dilatih selama satu minggu baik di UPI maupun di Taman Budaya. Pergelaran 10 karya itu akan diselenggarakan pada tanggal 8 Oktober 2011, pukul 19.30 di Teater Tertutup Taman Budaya Bandung. Pada tanggal 2 Oktober di tempat dan waktu yang sama akan dipentaskan berbagai karya dari anggota juri internasional. Pertunjukan akbar ini digelar atas kerja sama Goethe Institut dengan Universitas Pendidikan Indonesia. (WAS)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: